Post Page Advertisement [Top]

Hallo Sahabat,

Ternyata ada cara yg lebih praktis lho untuk membuat resep Lempung Kertas aka Paper Clay. Mau tahu?

Saya pernah berbagi resep Paper Clay versi saya Klik disini
Kalau di Tutorial yang pernah saya bagikan, pada tahap akhir bubur kertas / paper Clay langsung dicampur dengan lem putih (PVC) lalu disimpan di lemari es. Namun teknik ini ada kekurangannya yaitu jika disimpan dalam lemari es dalam waktu yang lama, daya rekat lem berkurang jadi perlu ditambahkan lem.

Lalu bagaimana dengan resep yang baru ini? Resep baru ini kita tidak perlu menambahkan lem, jadi paper Clay yg udah jadi bisa langsung disimpan di lemari es. Jika ingin membuat prakarya baru ditambahkan lem.

Saya menemukan resep ini dari Pinterest. Seperti apa tahap tahapnya? 


Kesimpulan: Proses hampir sama dengan resep punya saya klik disini. Tapi ditahap akhir tidak perlu ditambahkan lem. Paper clay yang sudah jadi disimpan didalam plastik lalu disimpan di lemari es / freezer. Jika ingin membuat prakarya, baru diambil secukupnya saja. Lalu ditambahkan lem. Nah saya juga punya resep baru Lem berbahan Natural.

Lem Natural Berbahan Dasar Terigu

Ada alternatif pengganti lem putih (PVC) yaitu menggunakan campuran terigu, air dan cuka. Resep ini lebih ramah lingkungan karena dibuat dari bahan bahan alam. Kalau lem PVC kan bahan kimia ya.

Berikut ada Video Tutorialnya yang diambil dari Instagram @aasarostiart. Saya ada follower beliau di Instagram, beliau juga merupakan seniman bubur kertas.

Bahan:
1 cup Tepung Terigu
2 cup Air (kurang lebih 225 ml air)
Cuka Secukupnya

Cara Membuat:
Campur Tepung, Air, Cuka kedalam panci, aduk hingga rata dan tidak menggumpal. Nyalakan api kecil saja, lalu masak hingga mengental lemnya. Jika sudah, matikan api segera. Dinginkan sebelum digunakan.

Campuran lem Natural ini lalu dicampur dengan Paper Clay / Lempung Kertas. Ambil secukupnya saja. Lem Natural ini tahan disimpan dilemari es hingga 7 hari.

Semoga informasi ini bermanfaat.
Ibu Chandra / WA 0888-1243-218

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib