Post Page Advertisement [Top]

Hallo :)

Berasa di Surga Buku

Kegiatan Homeschooling yang tidak pernah absen dikeluarga kami adalah berkunjung ke perpustakaan lokal dikota yang kami kunjungi. Saat ini kami tinggal di daerah Wonorejo, Gondangrejo, Solo. Dan ketika teman FB saya memberi informasi kalau ada perpustakaan gratis yang tidak membutuhkan syarat KTP daerah (catatan: KTP saya domisili Salatiga), maka saya langsung berpikir kalau saya harus ke sana suatu saat nanti.

Alhamdulillah kami berempat, saya dan tiga anak-anak saya akhirnya berkesempatan mengunjungi perpustakaan itu dengan mengendarai GoCar pada hari Selasa, 25 September 2018 yang lalu. Karena lokasi rumah kami yang lumayan jauh, ongkos transportasinya lumayan yaitu sekitar 66 ribu Pulang-Pergi. Namun sepadaan dengan hasilnya karena kami bisa meminjam 8 buku impor dan lokal yang sangat bagus.

Ruangan Baca Anak-Anak yang super duper nyaman :)
Perpustakaan Ganesha berlokasi di Jalan Raya Songgolangit 30 Gentan Sukoharjo. Berada di lantai 2 ada area anak-anak disebelah kiri dan dewasa disebelah kanan. Ada kegiatan Story telling setiap hari Sabtu dimana anak-anak katanya boleh menggunakan mainan gratis yang disediakan pihak Perpustakaan. Well, mungkin lain kali ya kami datang di hari Sabtu supaya bisa mendengarkan dongeng gratisnya :) sekalian momong anak hehehehe.

Terus terang kami seperti orang ndeso karena kami sangat kagum dengan koleksi buku Impor yang bagus-bagus dan ada terjemahannya :). Sehingga anak-anak bisa ikut membaca meskipun ketrampilan membaca Bahasa Inggrisnya masih pemula.

Terjemahan membantu dalam pemahaman membaca buku Anak-anak
Alhamdulillah kami berempat sudah terdaftar. Kartu perpustakaan atas nama saya (Umur 36 tahun), putri saya 10 tahun dan 7 tahun bahkan anak saya berusia 4 tahun bisa ikut terdaftar disini. Dalam hati ya Allah baik hati banget perpustakaan ini. Masa peminjaman 10 hari dan bisa diperpanjang 5 hari melalui WA. Dan tidak cukup sampai disini. Tiap orang bisa meminjam 2 buku. Konon kalau udah sering pinjam pun nantinya bisa pinjam 4 buku / anak. Tentu ini sangat membantu saya yang anak saya model belajarnya dari buku-buku yang diminatinya. Dan lokasi rumah kami sekarang cukup jauh dari perpustakaan jadi rasanya memperpanjang via telpon / WA itu adalah berkah tersendiri bagi kami yang ekonominya lagi pas-pas an banget hahaha.

Anak saya umur 4 tahun bahkan punya kartu perpustakaan Ganesha lho....
Senyum bahagia anak saya karena sudah resmi jadi anggota perpustakaan Ganesha
Kami senang sekali karena anak-anak bisa pinjam buku-buku macam-macam mulai dari kesenian, ilmu pengetahuan, buku cerita. Disanapun kami membaca buku cerita yang bagus bagus banget. Rasanya ga pengen pulang tapiii anak saya yang umur 4 tahun rupanya sudah lelah jadi kami mengakhiri kunjungan kami pada pukul 4 sore.

Buku Impor yang kami pinjam dari kiri ke kanan; 1. Drawing, A young artist guide by DK Publishing 2. Paper Mache for kids by Sheila Mc Graw 3. Ed Emberley's Drawing Book of Faces 4. The Cat in the Hat by Dr. Seuss
Buku lokal yang kami pinjam dari kiri ke kanan 1. Mesin-mesin Besar Pesawat dan Helikopter by Erlangga for Kids 2. Oh, ternyata Kita bisa melakukan 3 R (Reduce, Reuse, Recycle ) untuk mengurangi sampah by Katsumi Yorimoto 3. Sri Penjelajah Cilik Mesin dan Transportasi by BIP 4. Ensiklopedia Pintar 3 by BIP
Saya super duper sangat senang sekali dapat buku Paper Mache yang pastinya menambah ilmu tentang Paper Mache yang saya tekuni. Dan Putri saya mengoleksi seri Ensiklopedia Pintar by Bhuana Ilmu Populer dan senang karena bisa meminjam salah satu serinya disini (tidak perlu beli karena kalau beli bekaspun rata-rata dijual Rp. 75.000,00 / buku belum termasuk ongkos kirimnya. Nah terbukti kan kalau ke perpustakaan itu menghemat pengeluaran rumah tangga. Mending ke perpus kan dari pada ke Mall hehehe.

Daaaaan didepan perpustakaan ketika kami akan menuju pulang, ada Ibu-ibu yang berbaik hati mengambilkan buah Kersen untuk anak kami Ahmad yang demen banget sama buah itu. Makasih nggih bu, semoga tambah laris jualannya...


Kersen di wadah Tupperware karena kami belajar Zero Waste :)
See you next time Perpustakaan Ganesha, kami sangat terkesan bisa berkunjung kesana. Recommended banget deh perpusnya....


Salam,
Ibu Chandra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib