Post Page Advertisement [Top]

Hallo Pembaca!

Siapa Menyangka Kalau Gantungan Kunci ini dibuat dari.....limbah kertas??

Akhirnya misi telah selesai yaitu menyelesaikan membuat 100 Gantungan Kunci yang dibuat dari kertas daur ulang. Gantungan kunci ini merupakan pesanan teman yang akan menikah sebentar lagi. Saya membuat aneka gantungan kunci dengan beragam motif binantang dari kura-kura, lumba-lumba, dinosaurus, gajah, kupu-kupu, bebek, burung hantu, kucing, panda, ayam, burung, ikan, siput, kelinci, tupai, gajah, katak..banyak kan hehehe....


Disela-sela pembuatan daur ulang kertas ini, saya sempat menghitung berapa kebutuhan kertas yang diperlukan untuk membuat satu gantungan kunci. Saya timbang berat satu gantungan kunci itu kurang lebih 8 gram, sementara satu lembar kertas HVS ukuran A4 itu beratnya 4 gram. Untuk membuat gantungan kunci perlu dicampur dengan lem putih jadi katakanlah perbandingan kertas dan lem itu perbandingannya 1:1. Jadi kalau dihitung hitung satu gantungan kunci itu membutuhkan paling tidak satu lembar kertas (kurang lebihnya ya).


Jadi.....dalam membuat 100 gantungan kunci ini saya sudah mendaur ulang kertas sebanyak 100 lembar (kurang lebih). Jumlah yang lumayan banyak ya :). Dan enaknya membuat kerajinan ini bisa di cicil pekerjaannya, misalnya hari ini adonannya dibentuk-bentuk dan dikeringkan, lalu kalau sudah terkumpul agak banyak lalu dilukis satu persatu. Anak-anak juga suka terlibat membuatnya jadi bisa dijadikan alternatif pengelolaan sampah kertas untuk anak-anak juga.

Oh ya dihitung-hitung ternyata untuk membuat satu gantungan kunci ini memerlukan waktu kurang lebih 25 menit dari mulai membuat adonan bubur kertasnya meski ini susah ngitungnya karena satu adonan besar bisa untuk bikin puluhan gantungan kunci, lalu membentuk adonan (10 menit tiap gantungan kunci), melukis (10 menit tiap gantungan kunci), memvarnishnya (kalau ini cepat ga sampai 1 menit), memasang gantungan kunci ( kurang lebih 2 menit).


Dari pekerjaaan yang saya terima kali ini, saya tarik kesimpulan juga untuk membuat adonan yang bagus diperlukan perbandingan antara kertas dan lemnya adalah 2:1. Misalnya kalau kertasnya ditimbang 500 gram, maka lemnya kurang lebih 250 gram. Dengan perbandingan ini akan menghasilkan Paper Clay yang lembut dan mudah dibentuk-bentuk.

Untuk gantungan kuncinya saya pilihkan yang kualitasnya bagus supaya awet dan kuat! Saya membeli gantungan kunci disebuah toko online craft di Surabaya yaitu Kiki Craft (Tokopedia). Dan Alhamdulillah barangnya sesuai dengan fotonya.

Oke dech segitu aja catatan dari saya, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi  dan dapat orderan lagi hehehehehehehehehe....(maaf).

Oh ya numpang promosi nih ceritanya hehehe, kalau kamu membutuhkan gantungan kunci daur ulang untuk suvenir pernikahan atau yang lainnya silahkan hubungi saya melalui email ChandraMalini81@gmail.com atau kirim WA ke nomor 0888-0279-2791.

Salam,
Ibu Chandra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib