Post Page Advertisement [Top]

Hallo Sahabat Handmadebycm,

Alhamdulillah beberapa hari yang lalu panen kompos lumayan banyak jadi bisa digunakan untuk campuran media tanam.

View this post on Instagram

A post shared by Seniman Daur Ulang Kertas (@handmadebychandramalini) on


Selama masa pandemi covid ini belajar mengkompos bisa jadi alternatif kegiatan positif dirumah. Hasil dari mengkompos bisa digunakan sendiri dan kita yakin bahan-bahan yg digunakan dalam mengkompos aman karena berasal dari limbah rumah tangga (dapur) dan halaman rumah (daun-daun kering).

Ada banyak sekali referensi / manfaat mengapa kita perlu mengkompos. Salah satunya adalah yang ditulis oleh mbak Tyas dari Sustaination Mengenal Jenis Komposter dan cara membuat kompos di rumah

Nah kalau teman-teman baru belajar mengkompos dan bingung mulai dari mana saya membuat komposter siap pakai. Komposter adalah ember yang digunakan untuk membuat kompos. Komposter dibuat dari ember bekas yang ada lubang kran. Kran ini fungsinya untuk mengeluarkan lindi atau cairan yang dihasilkan dari pengomposan. Lindi ini bisa digunakan sebagai pupuk organik cair. Kenapa kompos bisa menghasilkan lindi? Hal itu disebabkan limbah yang digunakan menggandung kadar air tinggi spt akar sayur, kulit pisang, ketimun busuk/pepaya busuk dan lain lain. Sebetulnya bisa diakali supaya produksi air lindi bisa dikontrol yaitu dengan menambahkan daun-daun kering ke dalam komposter. Daun-daun kering ini tinggi kandungan karbon dan bisa menyerap air lindi lho.

Didalam komposter juga ada saringan yang berfungsi untuk memisahkan lindi dan limbah dapur padat.

Komposter yang saya buat ada yg polos dan ada yang dilukis. Sebagian ada yang saya lukis sendiri dan sebagian ada yang dilukis oleh anak-anak saya. Sengaja saya lakukan supaya anak-anak belajar berwirausaha dan menyalurkan energi anak-anak selama pandemi covid 19 ini. 

Berikut adalah Galeri Komposter yang pernah saya buat oleh saya atau anak-anak saya. InsyaAllah saya akan selalu tambahkan supaya teman-teman punya ide/ referensi. Bisa custom order juga lho kalau pesan komposter ditempat kami. Setiap pembelian komposter baik yang polos atau yang lukis, kami akan berikan Komik Kompos gratis yang dibuat oleh anak saya Rakhma Nuri. Bagaimana caranya? Disetiap komposter nanti ada stiker diluar, nah nanti ada QR Code yang bisa discan dan dibaca. Asyik bukan?





Paralon sebagai penyangga baskom
Setiap komposter disertai Baskom yang sudah dilubangi dan kran.





Untuk pemesanan komposter silahkan hubungi saya melalui WA 0888 1243 218 atau bisa juga dibeli secara online di www.tokopedia.com/handmadebycm. Karena harga bahan baku dari hari kehari kian naik, maka akan ada penyesuaian harga.

Salam,
Ibu Chandra


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib